Tanda-Tanda Burung Lovebird ingin Kawin

Tanda-Tanda Burung Lovebird ingin Kawin

Tanda-Tanda Burung Lovebird ingin Kawin – Lovebird adalah salah satu jenis burung yang terkenal di kalangan pecinta dan pemelihara burung. Harganya yang cukup tinggi membuat para pecinta dan kolektor burung tertarik untuk memelihara bahkan membudidayakannya. Untuk memelihara sejoli, pastikan untuk membeli sepasang atau sepasang lawan jenis. Karena burung ini di alam liar selalu hidup berpasangan, maka Anda juga perlu menyediakan pasangan saat ingin memeliharanya. Begitu juga jika Anda berencana untuk membudidayakan Lovebird, Anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri dan kebiasaan dari jenis burung ini Tanda-Tanda Burung Lovebird ingin Kawin. Dari cara perawatan dan perawatan sehari-hari, serta pemberian makan, hingga cara mengetahui apakah lovebird ini siap kawin dan berkembang biak. Untuk mengetahui lovebird mau kawin atau tidak, ada beberapa ciri yang bisa Anda temukan pada perilaku dan sikap burung. Untuk mengetahuinya, kali ini saya akan membagikan artikel terkait tentang cara mendeteksi keinginan lovebird untuk kawin.

Tanda-Tanda Burung Lovebird ingin Kawin

1. Saling memberi makan

Tanda atau ciri pertama yang bisa Anda lihat dari perilaku sejoli yang ingin kawin adalah pasangannya saling memberi makan. Ketika lovebird duduk di tempat bertenggernya dan makanan disediakan, lovebird jantan biasanya memberi makan betina terlebih dahulu. Sebaliknya, lovebird betina yang siap kawin akan memberi makan lovebird jantan dengan makanan yang disediakan.

2. Lovebird jantan di belakang betina

Ciri kedua, bisa dilihat dari tingkah laku lovebird jantan saat hendak kawin. Lovebird jantan akan selalu berada di belakang lovebird betina ketika sedang duduk bersama.

BACA JUGA :  Waktu yang Tepat Memandikan Kucing Setelah Melahirkan

3. Habiskan waktu bersama

Lovebird jantan dan betina yang siap kawin biasanya menghabiskan waktu bersama. Lovebirds akan bersama sepanjang hari dan tidak ingin berpisah dengan pasangannya.

4. Buka sayapnya

Tanda atau ciri keempat Lovebird betina akan membuka sayapnya lebih lebar dari biasanya. Sedangkan pejantan akan berada di punggung betina, jika hal ini terjadi dan sering dilakukan. Maka ini berarti Lovebird sudah siap untuk dikembangbiakkan. Jika Anda telah melihat tanda-tanda ini sering terjadi. Yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan. Olahan yang dilakukan antara lain dengan memberikan irisan tipis bambu atau dengan menyiapkan tempat dengan kulit jagung, atau bisa juga dengan kertas. Perhatikan baik-baik apakah Lovebird sedang bersiap untuk membuat sarang dengan mengambilnya dan menempelkannya pada sayap bahan bangunan sarang yang Anda sediakan. Jika sudah, Anda juga harus mencari tahu di mana burung akan membuat sarangnya dan memulai pembuahan. Selain itu, Anda juga harus memeriksa tenggeran agar tenggeran tidak bergerak dan hancur. Karena lovebird biasanya bisa membuahi di atas anak ayam, jauh dari bawah kandang.

Jadi pastikan anak ayam tetap kuat dan tidak bergerak.

Dan yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan sangkar yang sempit, karena akan mengganggu pergerakan burung ketika sedang mengepakkan sayapnya.

Hal-hal yang mengganggu pergerakan burung dalam proses pembuahan akan membuat hasil pembuahan tidak memuaskan dan mengganggu.

Demikian tips mengetahui tanda-tanda burung lovebird akan kawin, dan semoga artikel yang disajikan kali ini bermanfaat Tanda-Tanda Burung Lovebird ingin Kawin dan dapat membantu sobat kicauan dalam memelihara dan membiakkan lovebird.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *